Pendidikan

product

Detail |

Farmasi

product

Detail |

Tips dan Trik

product

Detail |

ISLAM

A. PENGERTIAN ISLAM
Islam secara bahasa berasal dari kata salam, aslama, silmun, sulamun yang mempunyai bermacam-macam arti. Diantaranya adalah sebagai berikut;
1) Aslama yang artinya menyerah, berserah diri, tunduk, patuh, dan masuk Islam. dengan demikian Islam dengan makna tersebut berarti agama yang mengajarkan penyerahan diri kepada Allah, tunduk dan taat kepada hukum Allah tanpa tawar menawar. Kata aslama terdapat dalam al-qur’an surat al-baqarah: 112, surat Ali Imron: 20 dan 83, surat an-Nisa’: 125 dan surat al-An’am: 14.
2) Silmun yang artinya keselamatan dan perdamaian. Dengan makna tersebut berarti Islam adalah agama yang mengajarkan hidup damai, tentram, dan selamat. Kata silmun terdapat dalam al-qur’an surat al-baqarah; 208 dan surat Muhammad: 35.
3) Sulamun yang artinya tangga, sendi dan kendaraan. Dengan arti tersebut, islam berarti agama yang memuat peraturan yang dapat mengangkat derajat kemanusiaan manusia dan mengantarkannya kepada kehidupan yang bahagia dan sejahtera di dunia dan akhirat.
4) salam yang artinya selamat, aman sentosa, dan sejahtera. Dengan demikian Islam dengan makna tersebut berarti aturan hidup yang dapat menyelamatkan manusia di dunia dan akhirat. Kata salam terdapat dalam al-Qur’an Surat al-An’am :45, Surat al-A’raf: 46 dan Surat an-Naml: 32.

No Response to "ISLAM"

Posting Komentar